Wednesday, October 14, 2015





PENDATAAN PENGGUNA GAME DOTA 2 DI WARNET DMIKOM JL.NUSA INDAH
 
  Nama    : Mugits RabbanI  (2405214011)
        MATA KULIAH  : Statistika dan Probabilitas

 ABSTRAK  : Laporan ini akan membahas tentang banyaknya pengguna  game dota 2.

                                

PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS GARUT
2015





BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
    Seiring berjalannya waktu mau tidak mau kita harus mengenal teknologi masa kini yang telah berkembang dangan cepat , di zaman ini kita telah banyak mengenal tentang teknologi internet seperti jejaring sosial seperti Facebook , Twitter .dll dan telah banyak masyarakat yang menggunakan itu di sisi lain internet dapat digunakan untuk bermain game seperti yang saya akan jelaskan mengenai game dota ,game ini telah menjadi sebagian dari hidup bagi orang orang yang sangat gemar bermain game .
Khususnya di indonesia orang orang di negara ini telah terpengaruh oleh teknologi internet salah satunya adalah game , game dota ini telah dijadikan sebagai kompetisi yang bergengsi. Contohnya di warnet di garut
1.2  INDENTIFIKASI MASALAH
1.      Apa arti dari game dota ?
2.      Berapa Banyak orang yang berminat bermain game dota ?
3.      Apa pengaruh game dota 2 ?
1.3 TUJUAN
1.      Mengetahui data warnet dmikom di jln.nusa indah
2.      Memenuhi tugas yang diberikan sehingga mendapatkan nilai


BAB II
LANDASAN TEORI
2.1  DEFINISI GAME DOTA
      Dota 2 adalah sebuah permainan multiplayer online battle arena, merupakan sekuel dari Defense of the Acients mod pada Warcraft 3 : Reign of Chaos dan Warcraft 3 : The Frozen Throne. DotA 2 dikembangkan oleh Valve Corporation, terbit juli 2013 dota 2 dapat dimainkan secara gratis pada operation system Microsoft Windows, OS X and Linux. Dota 2 dapat dimainkan secara eksklusif melalui distributor resmi valve, Steam.
  • ·         CARA BERMAIN

    Secara singkat  Dota 2 dimainkan oleh 2 team yang beranggota 5 orang pemain, setiap tim memiliki markas yang berada dipojok peta, setiap markas memiliki satu bangunan bernama "Ancient", Dimana team harus berusaha menghancurkan "Ancient" tim lainnya, agar dapat memenangkan pertandingan. Setiap pemain mengontrol satu karakter "Hero" yang berfokus pada menaikan level, mengumpulkan gold, membeli item dan melawan team lawan untuk menang.

    Setiap pemain mengontrol unit yang disebut Hero, sebuah unit kuat dengan berbagai kemampuan yang unik. Dalam Allstars, total Hero yang dapat dipilih mencapai 108 Hero (untuk dota v 6.74c), dan masing-masing memiliki kemampuan, taktik, kelebihan dan kekurangan yang unik dan berbeda satu sama lainnya. Kerjasama tim adalah prioritas utama untuk membawa kemenangan; satu pemain yang sendirian sulit untuk membawa tim menang. Meskipun demikian, ada beberapa Hero yang bila dimainkan dengan baik dan diberikan cukup banyak waktu untuk meningkatkan level dapat mengubah jalannya permainan secara signifikan sendirian. Defense of the Ancients dapat dimainkan oleh sepuluh pemain dalam bentuk lima lawan lima dan tambahan dua tempat untuk juri dan pengamat.
  • ·         SEJARAH GAME DOTA 2

    Singkatnya Pengembangan Dota 2 dimulai sejak tahun 2009. Ketika pengembang mod DotA, Icefrog, dipekerjakan oleh Valve sebagai lead designer. Dota 2 dipuji oleh kritikus karena gameplay-nya, kualitas pembuatan dan kesetiaan pada gameplay pendahulu (DotA mod Warcraft 3). tetapi Dota 2 juga menuai kritik sebagai game yang susah dipelajari dan para pemain yang tidak ramah. Dota 2 menjadi game yang memiliki aktifitas pemain paling banyak di Steam, dengan pucak 800,000 pemain
online bersamaan setiap hari.
  • ·         POPULARITAS DOTA 2

         Popularitas Defense of the Ancients terus meningkat. Permainan ini ditampilkan oleh Computer Gaming World dalam penilaian map baru permainan Warcraft III, dan disebut "the ultimate RTS”. Allstars menjadi skenario permainan yang penting dalam turnamen, saat setelah debut kemunculannya di konvensi Blizzards BlizzCon tahun 2005. Allstars juga muncul dalam World Cyber Games Malaysia dan Singapura dimulai tahun 2005, dan World Cyber Games Asia dimulai dari 2006. DotA Allstars kini juga masuk dalam liga Cyberathlete Amateur dan liga CyberEvolution. Permainan ini juga muncul dalam Electronic Sports World Cup (ESWC) 2008 : Oliver Paradis, manajer kompetisi ESWC, menyatakan bahwa tingkat dukungan komunitas, dan juga pengakuan dunia, adalah alasan mengapa DotA dipilih.
      Skenario ini populer di berbagai belahan dunia; di Filipina, Thailand dan Indonesia, jumlah pemain permainan ini sebanyak permainan Counter-Strike. Permainan ini juga populer di Swedia dan negara-negara Eropa Utara lainnya, dimana lagu yang terinspirasi dari permainan ini, "Vi sitter i Ventrilo och spelar DotA" oleh musisi Swedia Basshunter, mencapai puncak tangga lagu Eropa 2006 pada posisi #116 dan masuk kedalam sepuluh besar tangga lagu di Swedia, Norwegia, dan Finlandia. Turnamen LAN adalah bagian utama dari permainan ini di seluruh dunia, termasuk turnamen di Swedia dan Rusia namun, karena sedikitnya turnamen dan kejuaraan LAN di Amerika Utara, beberapa tim telah membubarkan diri. Blizzard menunjuk DotA sebagai contoh apa yang dapat dibuat oleh pembuat map yang berdedikasi menggunakan alat buatan pengembang.
     Pada Juni 2008, Michael Walbridge, menulis untuk Gamasutra, menyatakan bahwa DotA "adalah permainan mod yang paling terkenal, didiskusikan secara bebas di dunia sebagai non-supported game." Dengan menunjuk pada komunitas DotA yang dibentuk, Walbridge menyatakan bahwa DotA memperlihatkan permainan itu lebih mudah bagi komunitas permainan untuk diurus, dan merupakan salah satu kekuatan terbesar map ini. Defense of the Ancients juga memengaruhi permainan Demigod yang dikembangkan oleh Gas Powered Games.


  •   PENGARUH GAME ONLINE DOTA 2 BAGI KREATIVITAS ANAK

       DotA (Defense of the Ancient) adalah sebuah game strategi yang terbahagi kepada dua kumpulan yaitu Sentinal dan Scourge. Kumpulan ni akan berentap akan satu sama lain dimana kubu kumpulan Sentinal terletak di bahagian barat daya peta tersebut, manakala kubu kumpulan Scourge terletak di Timur Laut peta tersebut.
Adapun terdapat dampak-dampak dari game online DotA adalah:
Ø  Dampak Positif
a)   Bisa menghilangkan stres.
b)   Mendapat banyak teman baru.
c)   Bisa melatih kepercayaan diri.
d)  Otak bisa berfikir lebih cepat, karena dibiasakan dalam game online DotA harus memikirkan strategi buat menang.
e)   Bisa meningkatkan kecepatan jari dalam mengetik keyboard.

Ø  Dampak Negatif
a)   Membuang-buang waktu , karena bermain game online DotA tidak  mungkin hanya 1 atau 2 jam.
b)  Membuat mata rusak.
c)  Perubahan pola makan dan istirahat..
d)  Membuat lupa kepada ibadah.
e)  Prestasi akademik menjadi turun karena pemain lebih mementingkan bermain game online daripada belajar atau mengerjakan tugas sekolah.
f)   Bisa mengakibatkan kecanduan.
  
BAB III
KERANGKA KERJA
3.1 Langkah Kerja
Untuk menyelesaikan pendataan dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Mencari Ide
Mencari ide apa yang akan saya data.
  1. Menyurvei
      Menyurvei pengguna dan data   tersebut dimasukkan kedalam makalah.
  1. Menganalisis Data
Melakukan analisis data setelah pendataan pengguna game dota di warnet dmikom jln.nusa indah garut telah selesai dilaksanakan.
  1. Mengolah data
Mengolah data secara tulisan untuk mengetahui informasi apa saja yang       terdapat pada data tersebut.
  1. Mengolah data kedalam komputer
Mengolah data tulisan dan dimasukkan kedalam Komputer.
  1. Mengolah data dan menganalisis data didalam komputer
Mengolah dan menganalisis data agar data dapat disajikan dengan baik.
  1. Mengkaji Data
Mengkaji kembali data apa sudah selesai atau belum pengolahan data tersebut.
  1. Upload ke Blog
Setelah data sudah selesai dan siap disajikan, semua data di Upload ke Blog untuk dikumpulkan ke dosen.








3.2 Flow Chart






3.3 PENDATAAN
    3.3.1 TABEL    
            Saya mendata memakai katagori penyajian cross section table : kontingensi 3 arah.
      Banyaknya pengguna game dota 2 di warnet dmikom jln.nusa indah garut menurut pendidikan , hari rabu , jumat ,sabtu dan jenis kelamin


PENDIDIKAN

HARI RABU
HARI JUMAT
HARI SABTU
PRIA
WANITA
PRIA
WANITA
PRIA
WANITA
SMP
2
1
5
0
5
0
SMA
3
3
3
2
4
0
KULIAH
8
0
7
1
10
1
JUMLAH
13
4
15
3
19
1










                                                   BAB IV
                                              HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 TAMPILAN GAME DOTA
 










 Nama Game            : Dota 2
 Link Game              : http://store.steampowered.com/app/570/
 Keterangan Game   : Masing-masing pemain dapat mengendalikan sebuah unit/ karakter yang disebut ‘Hero’ yang dipilih pada awal permainan. Terdapat lebih dari 100 Hero dengan type yang berbeda : Strength, Agility dan Intelligence. Setiap Hero memiliki 4 skill (beberapa memiliki lebih) aktif maupun pasif. Dengan membunuh creeps, menaikkan level, membeli item dan membuat keputusan strategi, pemain akan berusaha menjelajah map untuk menghancurkan Ancient lawannya.


4.2    CHART / DIAGRAM BATANG



Gbr 3.3.2 banyaknya pengguna yang bermain game dota 2 di warnet.



4  4.3  LINE

Gbr 3.3.3 banyaknya pengguna yang bermain game dota 2 di warnet.

KESIMPULAN

         Menurut saya dari data yang saya survey di atas rata rata orang yang mengunjungi warnet dmikom banyak yang bermain game dota dibandingkan game – game yang lain , dan hasilnya lebih banyak pria dibandingkan perempuan dan lebih di dominasi oleh anak kuliahan(Pria).
         Dan dapat saya tarik kesimpulan dari pengaruh game online dota 2 bahwa bermain game memberikan satu latihan yang sangat efektif kepada otak. Sejumlah besar dari mereka membutuhkan keterampilan berpikir abstrak dan tingkat tinggi untuk menang.

DAFTAR PUSAKA :
https://id.wikipedia.org/wiki/Dota_2
https://rikanyimuk.wordpress.com/bisnis-offline/pengaruh-game-online-terhadap-kreativitas-anak/
  





No comments:

Post a Comment